Update
AiFa. Powered by Blogger.
Monday, December 15, 2014

Dolar AS Lebih Tenar Membuat Rupiah Melemah

Nilai tukar Rupiah kian tidak berdaya atas dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan awal minggu ini. Rupiah bahkan terpuruk ke Rp12.700 per USD.

Pengamat Valuta Asing, Farial Anwar, mengatakan bahwa pelemahan ini terjadi karena beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar negeri. Menurutnya, pelemahan ini terjadi karena banyak investor yang memborong dolar AS sehingga permintaan terhadap dolar meningkat.

"Kalau sentimen dari luar kita tau sendiri ancaman The Fed naikkan suku bunga kemudian banyak spekulan yang berbondong-bondong memborong dolar, banyak juga yang menarik uangnya keluar," ungkapnya saat dihubungi Okezone.

Sementara itu, untuk faktor dalam negeri, pelemahan terjadi karena jumlah ekspor masih kalah dibandingkan jumlah impor. "Ini yang membuat defisit neraca perdagangan kita, rupiah jadi tertekan," jelasnya.

Selain itu, setiap akhir tahun banyak pengusaha yang jatuh tempo pembayaran utang dalam bentuk valas. "Kemudian juga ini akhir tahun banyak pengusaha yang akan melunasi utang valas mereka, ini membuat permintaan terhadap dolar meningkat," tandasnya.

Sekadar informasi, melansir Bloomberg, Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) melemah 246 poin atau 1,98 persen ke Rp12.713 per USD dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di level Rp12.467 per USD.

Dalam pergerakannya, Rupiah berada di kisaran Rp12.550-Rp12.713 per USD. Dalam 52 mingguannya, Rupiah bergerak di level Rp11.254-Rp12.713 per USD.





Sumber: OkeZone
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Dolar AS Lebih Tenar Membuat Rupiah Melemah Rating: 5 Reviewed By: Imam Arifin