Update
AiFa. Powered by Blogger.
Monday, December 15, 2014

Masih Terbesar Ketiga, Xiaomi Ternyata "Belum Besar"

Xiaomi yang tercatat sebagai vendor smartphone terbesar ketiga di bawah Samsung dan Apple ternyata "belum besar" dalam soal pendapatan bersih perusahaan.

Laba bersih (net profit) yang diraih oleh Xiaomi pada tahun 2013 lalu ternyata tidak terlalu besar, bahkan bisa dibilang sangat tipis.

Menurut laporan dari Bursa Saham Shenzhen, seperti KT kutip dari Reuters, Selasa (16/12/2014), Xiaomi mendapatkan laba bersih sebesar 347,5 juta yuan atau sekitar 56 juta dollar AS pada tahun lalu.

Nilai laba bersih tersebut berbeda sangat jauh dari jumlah pendapatannya. Tahun 2013 lalu, Xiaomi meraup pendapatan sebesar 26,6 miliar yuan atau setara 4,3 miliar dollar AS.

Sementara, operating margin dari perusahaan asal Tiongkok pada tahun 2013 lalu hanya tercatat sebesar 1,8 persen saja. Angka ini sangat kecil, jika dibandingkan dengan dua vendor smartphone papan atas lainnya, yakni Apple dan Samsung.

Divisi mobile Samsung mencatat operating margin sebesar 18,7 persen pada tahun 2013 lalu. Sedangkan, Apple mencatat angka yang lebih besar lagi, 28,7 persen.

Juru bicara Xiaomi sendiri membenarkan laporan tersebut. Akan tetapi, menurutnya, angka pendapatan tersebut tidak mencakup keseluruhan dari bisnis Xiaomi.

Saat ini, bisnis smartphone dan tablet Xiaomi memang lebih dipusatkan di pasar Asia. Fokus terbesar Xiaomi sendiri berada di Tiongkok, India, dan Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini belum mulai mengembangkan sayapnya ke pasar negara Barat.

Produk smartphone dan tablet milik Xiaomi selama ini dikenal memiliki harga yang terjangkau, tetapi tetap dipersenjatai dengan spesifikasi yang tinggi.

Pemasaran lewat jalur online merupakan salah satu kunci, mengapa Xiaomi bisa menjual perangkat yang lebih murah ketimbang tawaran yang sekelas dari kompetitor.





Sumber: KOMPAS
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Masih Terbesar Ketiga, Xiaomi Ternyata "Belum Besar" Rating: 5 Reviewed By: Imam Arifin